//
you're reading...
Ekonomi, Pertanian

Bertani sayuran Kol

Bertani sayuran Kol

Sayuran ini sangat cocok di wilayah yg beriklim tropis terutama diwilayah pegunungan yang cuacanya dingin.

  1. Bibit

Untuk bibit terserah kita yang akan menanamnya, karena bibit yang beredar di pasaran sudah mempunyai kwalitas yang tinggi dan memiliki ke unggulan masing-masing. Bisa di dapatkan di toko-toko pertanian di daerah anda.

  1. Pembibian/penyemaian bibit

Sebelum bibit di semai, tentu terlebih dahulu di siapkan lahan pesemaian. Untuk satu bungkus bibit dengan beat 20 gr , dibutuhkan lahan dengan ukuran 1 m X 15 m. Lahan penyemaian harus bebas dari gulma dan di gemburkan, kemudian di taburi dengan pupuk NPK sekitar 1,5ons hingga merata kemudian timbun dengan tanah yang sudah di haluskan sampai pupuk tadi tidak kelihatan ( menimbun sekitar 2 mm ) Kemudian semaikan benih yang terlebih dahulu diberi pestisida berwarna putih dan berbentuk tepung, baru disemai pada lahan yang telah di siapkan. Setelah bibit selesai di semai dengan rata di timbun kembali dengan tanah yang di aduk dengan pupuk kanadang/ kompos. Kemudian ditutup dengan daun pisang atau lebih baik dengan menggunakan karung, jangan sampai ada yang terbuka karena kalau hujan turun bibit akan terpental. Tunggu sekitar 3-4 hari sampai bibit tumbuh baru dibuka dari tutupnya tadi. Tidak hanya sampai disitu Bibit yang sudah tumbuh tadi harus diberi atap menggunakan plastic transparan dengan tinggi atap lebih kurang 1,5 m untuk menghidari terpaan hujan dan matahari langsung.

3. Persiapan Lahan tanam

petakLahan terlebih dahulu dibersihkan dari gulma dan di buat bedengan dengan ukuran 1,2 m X panjang lahan yang anda punya ( karena masalah panjang lahan terserah lahan yang kita miliki) Lahan yang telah disiapkan harus gembur ( kegemburan lebih kurang 30 cm)

Lahan yang telah disiapkan tadi diberi pupuk kandang yang di aduk dengan pupuk NPK dengan takaran. Pupuk kandang dengan berat 50 Kg kering di aduk dengan 0.5 Kg pupuk NPK, aduk dengan rata. Setelah itu di tabur sesuai jarak tanam lebih kurang 60 cm X 60 cm di atas bedengan tadi dengan folume pupuk kandang yang telah diaduk tadi sekitar satu genggam

4. Menanam kol

jarak tanamBibit yang akan kita tanam kira-kira berusia 20-30 hari. Bibit di cabut dari pesemaian dan di pindahkan kelahan tanam yang telah di siapkan tadi dengan jarak sesuai dengan jarak penaburan pupuk kandang (60 cm X 60 cm)

5. Pemupukan

Pemupukan pertama di lakukan setelah kol berusia 7-10 hari dengan menggunakan pupuk NPK yang sudah terjamin kwalitasnya, dengan takaran sekitar 30 gr perbatang dengan jarak sekitar 15 cm dari dari rumpun kol.

Hampir panen

Hampir panen

Pemupukan kedua di lakukan sekitar usia tanaman 40-50 hari menggunakan pupuk yang sama dengan takaran berbeda, ( karena kol sudah tumbuh besar ) sekitar 50-60 gr perbatang dengan jarak sekitar 25-30 cm atau sejajar dengan ujung daun. Tetapi yang harus di ingat, sebelum pemupukan yang kedua ini di lakukan lahan harus kembali di beaskan dari gulma dan tanah di gemburkan kembali .

 

 

 

6. Penyemprotan

kol2Penyemprotan di lakukan rutin satu minggu sekali, tetapi harus diperhatikan kondisi cuaca dan jenis hama yang mengganggu tanaman kol kita, bisajadi penyemprotan dilakukan 2 kali dalam satu minggu. Jenis pestisida yang digunakan juga begitu, tergantung kepada hamanya, di sini kita harus sangat teliti karena kesalahan menggunakan pestisida bias mengakibatkan tanaman rusak paling tidak penyemprotan kita mubazir saja.

 

7. Panen

panen kolPanen bisa di lakukan setelah kol berusia sekitar 90 hari , atau perhatikan saja perkembanganya jika kol sudah bulat dan padat, kol berarti sudah siap panen.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Video

Photo Pemandangan

Minangkabau scenery

Two players

Behind the grass

Sungai Tanang

More Photos

Stats

  • 59,528 hits

Pengunjung

Twitt Box

%d bloggers like this: