//
you're reading...
Kemasyarakatan

Sosial & Politik Bagi Masyarakat Kecil

Pengertian Sosial

Sosial sebenarnya bisa banyak diartikan tergantung disisimana penempatan dan pelaksanaanya, dan itu sudah di definisikan oleh ilmuan dan tokoh-tokoh. Tapi disini dapat kita simpulkan,sosial itu adalah hubungan indifidu yang satu dengan indifidu lainya dalam satu golongan atau lingkungan yang terlaksana dalam kehidupan sehari dan dalam berbahai bidang

Pengertian Politik

Istilah politik berasal dari kata Polis (bahasa Yunani) yang artinya Negara Kota. Dari kata polis dihasilkan kata-kata, seperti:
1. Politeia artinya segala hal ihwal mengenai Negara.
2. Polites artinya warga Negara.
3. Politikus artinya ahli Negara atau orang yang paham tentang Negara atau negarawan.
4. Politicia artinya pemerintahan Negara.

Jadi kalau kita simpulkan arti dari politik itu adalah segala sesuaktu mengenai pemerintahan atau negara yang merupakan sebuah kegiatan, berjalan melalui proses dan sistem untuk mencapai sebuah tujuan dan bagaimana menjalankan tujuan tesebut dengan baik.

Kita tidak akan membahas terlalu jauh tentang hal diatas, tapi cukuplah untuk sekedar pemahaman. Sekarang kita masuk pada sosial politik yang berjalan pada masyarakat kecil.

Banyaknya aktifitas yang dijalankan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari ada yang berhasil, gagal bahkan tidak ada artinya sama sekali. namun itu adalah sebuah perjalan kehidupan yang harus dilalui.baik itu dikerjakan untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan umum, Namaun hal tersebut dalam pelaksanaanya tidak lepas dari sosial dan politik. Kenapa dikatakan demikian, karena dalam mencari kehidupan sehari-hari saja kita tidak bisa lepas dari bantuan orang lain (baik secara sukarela maupun pakai imbalan) dan bagaimana cara untuk mendapatkan bantuan itu juga perlu langkah-langkah yang adil.

Begitu juga dengan hal yang lebih besar seperti dalam kegiatan partai politik, Kita sebagai masyarakat memiliki hak sosial dan politik dalam memilih atau dipilih, Tentunya untuk dipilih kita harus bisa memberikan yang terbaik kepada pemilih, Begitu juga untuk memilih kita harus jeli dan bisa memahami kriteria, tindak tanduk, kemampuan dan banyak segi lainya. Kita tidak boleh lansung menerima apa yang terlihat sesaat, kita harus pelajari semuanya terlebih dahulu supaya tidak kecewa di kemudian hari.

Lalu bagai mana dalam menjalankan kehidupan sosial dan politik dalam masyarakat kecil …….?

Perhitungan dalam setiap kegiatan harus matang, Matang disini maksudnya, dalam melakukan sebuah perbuatan atau tindakan harus melihat segi manfaat apakah hanya menguntunkan diri sendiri, keluarga atau lingkungan yang luas. Sebaiknya jangan pernah memikirkan keuntungan pribadi saja kalau memang ingin bersosial dalam masyarakat karena kalau itu dilakukan tidak akan bertahan lama akibatnya akan kita rasakan sendiri dan jangan pula kita meng uber-uber berbagai hal yang didalamnya hanya bertujuan utama adalah kepentingan pribadi atau menompangkan kepentingan pribadi di dalam tujuan umum.

Disinilah dituntut  bagaimana untuk menentukan sikap, apakah kita akan melakukan yang baik untuk kita,untuk lingkungan atau keduanya. Karena dampak nya nanti akan terlihat dalam lingkungan, Baik kah hasilnya atau buruk.

Moga kita bisa memahami terlebih dahulu dalam bersosial dan berpolitik dalam kehidupan ini.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Video

Photo Pemandangan

Minangkabau scenery

Two players

Behind the grass

Sungai Tanang

More Photos

Stats

  • 59,528 hits

Pengunjung

Twitt Box

%d bloggers like this: